Cara Merawat Air Kolam Renang yang Hijau Jakabaring Palembang

Ketika Anda ingin berenang di kolam renang pribadi untuk bersantai atau menghilangkan stres, dan kemudian melihat kolam renang berubah menjadi hijau, Tentunya Anda bertanya-tanya mengapa kolam renang berubah menjadi hijau? Karena idealnya, kolam renang harus selalu berada di lingkungan yang bersih dan sehat, karena akan membuat tubuh terasa segar saat berenang dikolam renang yang bersih dan higenis.

Tentunya anda sebagai pemilik kolam pasti bertanya-tanya mengenai permasalah air kolam renang anda yang hijau, bukan? Diantara banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh pelanggan kepada Trijaya Pool Perawatan. Kami akan menjelaskan kepada Anda mengapa kolam renang tiba-tiba berubah menjadi hijau dan bagaimana membersihkan kolam renang yang berubah menjadi hijau tersebuh dengan mudah dan tanpa membuang-buang tenaga?

Ada banyak alasan mengapa air kolam berubah menjadi lumut dan hijau, hal ini mungkin disebabkan oleh faktor eksternal atau internal selain kolam itu sendiri.

Faktor pengaruh perubahan kadar dan warna air kolam renang

Faktor luar dari lingkungan sekitar kolam

Lingkungan luar akan berpengaruh terhadap potensi nilai air kolam renang, karena di sekitar kolam renang nantinya faktor lingkungan tersebut akan dapat berdampak besar pada perubahan warna air kolam renang sehingga air kolam anda menjadi hijau. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya, yaitu:

  • Campuran air hujan

Air hujan akan mempengaruhi perubahan warna air di kolam renang, karena menambahkan air hujan ke kolam renang akan membuat air di kolam renang semakin parah dan nilai ph air kolam akan semakin tinggi, karena air hujan akan membuat kandungan klorin di kolam renang tidak memuaskan dan berakibat fatal jika tidak segerah ditindak lanjuti. Jika kandungan klorin di kolam renang rendah, penambahan air hujan akan membuat air di kolam renang menjadi hijau dan kolam anda sangat membutuhkan perawatan yang rutin serta berkala.

  • Debu dan kotoran di kolam renang

Biasanya di dalam kolam rennag terdapat butiran-butiran debu yang terkumpul di kolam dan mengendap di bawah permukaan lantai kolam renang, hal ini akaln mengakibatkan dampak atau masalah pada kolam renang anda. Debu yang menumpuk di kolam akan memicu tumbuhnya alga dan lumut secara cepat di kolam renang. Jika alga tumbuh di dalam kolam maka akan mempengaruhi warna air kolam dan membuat warna air kolam menjadi hijau, keruh dan berbau.

  • Adanya ranting daun atau sampah tanaman

Jika Anda menanam pepohonan yang rimbun atau menanam bunga di samping kolam renang, atau jika Anda tidak mengamati tanaman dengan benar, hal itu juga akan menyebabkan air kolam menjadi hijau dan mudah berubah warna. Selain itu, jika tanaman yang Anda tanam bercabang terlalu banyak menjorok ke bagian atas kolam, hal ini juga akan memicu tumbuhnya lumut di pinggir kolam dan anda harus merawat kolam renang anda secara rutin serta berkala untuk menghindari terjadinyapertubuhan lumun dan alga serta hal yang tidak diinginkan lainnya

  • Penambahan air kolam

Saat kolam renang melakukan backwash pada mesin filter ototmatis nilai debit air kolam renang berkurang, apa lagi jika kolam renang anda tipe skimmer. Air kolam yang berkurang biasanya akan di tambadi dengan air bersih dan jernih seperti air PDAM, namun air kolam renang yang akan menjadi surber penambahan air untuk kolam anda haruslah bersih dan jernih serta tidak berbau. Karena penambahan air kolam akan merubah jumlah debit dan volume air kolam serta kada ph dan clorin berubah

Dapat disimpulkan dari penjelasan saya di atas maka keempat penyebab tersebut dapat memicu, perubaha air kolam secara cepat dan dapat berdampak besar jika anda tidak segerah melakukan water treatment air kolam renang anda.

Faktor internal perubahan air kolam renang

Mesin di pompa kolam

Jika Anda berada di dalam kolam renang, gunakan pompa kolam yang kapasitasnya tidak sesuai dengan jumlah air yang ada di kolam tersebut. Lalu, sirkulasi air di kolam renang kurang optimal. Karena peredarannya tidak maksimal, saat ingin melakukan perawatan kimiawi / obat-obatan di kolam renang, obat-obatan akan memakan waktu lama bahkan sampai merata ke seluruh air kolam renang. Dengan cara demikian, efek obat terapeutik pada air kolam renang tidak akan merata atau maksimal sehingga menyebabkan air kolam renang menjadi hijau.

Mesin filter kolam renang

Tabung filter di kolam renang digunakan untuk menyaring kotoran di kolam renang. Perhatikan saat memilih elemen filter, karena ukuran elemen filter tidak sesuai dengan ukuran kolam renang.Jika kotoran pada filter tidak tersaring dengan baik maka kotoran pada filter tidak akan tersaring dengan baik, dan adanya kotoran. akan kembali ke filter. Masuk ke kolam melalui konektor saluran masuk air. Keadaan ini dapat menyebabkan air kolam menjadi hijau, oleh karena itu sebaiknya gunakan pompa dan filter sesuai kebutuhan kolam. Sesuaikan ukuran dan kapasitasnya agar sistem filtrasi dapat beroperasi secara optimal.

Pasir silica yang menggumpal

Jika pasir silika menggumpal maka akan mempengaruhi kinerja filter. Filter tidak akan menyaring kotoran di kolam renang dengan baik. Pasir silika berperan sangat penting dalam menyaring debu dan partikel kecil di kolam renang. Jika pasir silika menggumpal maka akan mempengaruhi air kolam dan menyebabkan warna kolam menjadi hijau. Jika filter yang digunakan menggunakan material filter pasir silika maka harus diganti secara berkala agar sistem filter kolam tetap optimal. Jika Anda memiliki sistem filtrasi terbesar di kolam Anda, kemungkinan air kolam berubah menjadi hijau dapat diminimalkan.

Vacuum kolam renang

Jika penyedot debu di kolam Anda tidak lancar / tersumbat / tersumbat, kolam Anda tidak akan dibersihkan. Jika kolam renang Anda tidak dapat dibersihkan dengan penyedot debu standar, Anda dapat memastikan bahwa air kolam renang dapat dengan mudah berubah menjadi hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *