Cara Merawat Pompa dan Filter Kolam Renang yang baik

Memiliki kolam renang di rumah merupakan salah satu impian semua orang. Kolam renang menjadi  salah satu fasilitas di rumah yang digunakan untuk sarana berolahraga dan tempat melepas penat saat kita di rumah.

Pada pembuatan kolam renang pastinya kita membutuhkan pompa dan filter kolam renang. Dua alat tersebut merupakan jantung dari kolam renang. Karena pompa dan filter merupakan satu kesatuan alat yang sangat diperlukan pada sebuah kolam renang.

Mesin pompa air kolam renang memiliki fungsi utama yaitu untuk mensirkulasi air di dalam kolam renang. Cara kerja pompa kolam renang adalah menarik air kolam dari kolam renang, kemudian air tersebut disalurkan ke filter kolam renang untuk dibersihkan dan dikembalikan lagi ke kolam.

Filter kolam renang adalah bagian dari paru-paru kolam renang. Sebab, semua kotoran yang masuk ke dalam kolam renang terdistribusi oleh pompa lewat air kolam renang dan bermuara pada filter kolam renang.

Pada artikel kali ini kita akan bahas mengenai cara merawat pompa dan filter kolam renang yang baik, berikut cara-caranya :

Cara merawat pompa kolam renang yang baik adalah

Membersihkan pompa kolam renang secara rutin

Pembersihan pompa kolam renang secara rutin sangat dibutuhkan agar pompa kolam renang tidak cepat rusak dan kinerja pompa kolam tetap stabil. Membersihkan pompa kolam renang seecara rutin, dimulai dari bagian yang paling atas dari kolam hingga ke dalam pompa tentu akan menjaga pompa kolam renang Anda tetap awet dan bersih. Bagian yang harus dibersihkan khususnya bagian bawah dari pompa dan bagian dinding pada pompa kolam renang.

Jangan memberikan pelumas pada mesin pompa kolam renang

Pompa kolam renang tidak boleh diberikan pelumas pada mesin pompanya karena jika diberikan pelumas dapat menyebabkan mesin pompa kolam renang rusak. Kerusakan bisa terjadi di bagian karet penutup / seals pompa dan dapat menyebabkan kotoran yang ada di pompa tercampur dengan pelumas.

Rutin untuk cek secara berkala pada bagian seals pompa

Pengecekan secara berkala pada bagian seals pompa harus dicek secara rutin hal tersebut dilakukan agar jika terjadi kebocoran pompa dapat segera ditangani dengan baik.

Rutin mengecek secara bekala pada bagian filter pompa kolam renang

Pengecekan secara berkala pada bagian filter kolam renang harus dilakukan secara rutin, karena filter pompa kolam renang dapat menyaring kotoran yang masuk pada pompa kolam renang. Sebagai contoh kotoran tersebut seperti rambut, serabut lumut dan lainnya. Untuk itu harus dilakukan pembersihan secara berkala dan rutin.

Cek indikator tekanan pompa

Indikator pompa harus dicek agar tidak melebihi batas normal, karena jika melebihi batas normal maka dapat terjadi sumbatan kotoran pada jalur penghubung antara pompa dan filter.

Dengan menjaga kebersihan dan pengecekan pompa secara rutin pompa kolam renang bisa mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Merawat Filter Kolam Renang

Kejernihan dan kebersihan air kolam renang tergantung pada filter kolam renang. Air dapat kotor dan keruh jika tidak memakai filter. Peran filter kolam renang sangat vital karena memaksa siapapun pemilik kolam renang untuk cepat tanggap. Maka dari itu merawat filter harus menjadi salah satu prioritas dalam perawatan kolam renang.

Merawat filter kolam renang dapat mencegah potensi kerusakan pada filter maka dari itu Anda harus rutin merawat kolam renang Anda. Tujuan perawatan filter tentu saja diperlukan agar umur pakai filter tetap awet. Filter kolam juga bisa membersihkan air kotor kolam dapat bekerja secara maksimal.

Berikut ini tips membersihkan filter kolam renang dengan baik

Membeli filter yang tepat dengan kebutuhan kolam

Dalam membuat kolam renang tentunya kita harus membeli filter kolam renang yang tept karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja dan perawatan filter pada kolam renang Anda. Filter ini juga harus teratur dalam hal servicenya dan harus dijadwalkan service secara rutin.

Mengganti pasir dengan zeolite

Kolam renang menggunakan filter pasir dan pasir tersebut bisa diganti dengan zeolite. Dengan mengganti zeloite dapat dijamin kemampuan filtrasi air akan meningkat lebih efektif daripada menggunakan pasir dan air akan terlihat lebih jernih.

Hindari melakukan backwash yang terlalu sering untuk sand filter

Pada filter kolam renang tidak boleh terlalu sering dalam melakukan backwash karena dapat menimbulkan dampak negatif pada filter kolam renang Anda. Contohnya, hati hati dalam backwashing terutama untuk filter jeni DE. Karena dapat merusak tanaman sekitarnya. Hindari penggunaan bubuk DE ke arah tanaman saat backwashing.

Sekilas cara perawatan pompa dan filter kolam renang. Anda membutuhkan jasa perawatan kolam renang khususnya pompa dan filter Anda dapat menghubungi Trijaya Pool Perawatan. Kami siap melayani sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat menghubungi Trijaya Pool Perawatan di nomor telepon/wa : 0813-8033-2211.

This image has an empty alt attribute; its file name is tombol-wa.png

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *